Traffic, Sales, Money !

Hari ini saya sambut hari dengan penuh semangat. Di jadwal, hari ini saya akan mengikuti seminar SEO (Search Engine Optimization) dengan judul “Traffic – Sales – Money!”. Seminar sehari yang diadakan oleh Marketbiz ini mengambil tempat di sebuah hotel di jalan Teuku Umar, Denpasar.

Jam 08:40 sampai di tempat seminar. Setelah registrasi, langsung dipersilakan untuk breakfast. Secangkir kopi, 1 lemper ayam dan 1 kue coklat jadi teman saya sarapan. Not so delicious.. tapi lumayan lah untuk ngisi perut yang kosong. Lihat-lihat sekitar, gak ada satu pun orang yang saya kenal. Satu batang rokok putih menutup breakfast saya pagi itu.

Seminar dimulai jam 9 lewat. Ada sekitar 40 orang peserta. Menyisakan 2 kursi kosong di bagian depan. Ada perorangan, perwakilan perusahaan (termasuk saya), dan sebagian besar adalah perwakilan dari villa. Sesi pertama, pembicaranya adalah Herman Chang. Dia adalah PPC Master Indonesia dan Google Indonesia Representative Adwords Qualified. Oya, mungkin ada yang belum tahu, PPC kependekan dari Pay-Per-Click atau dikenal juga dengan Google AdWords. Pengertian (singkat) Pay-Per-Click adalah sat­u model pen­­gik­lan­­an­­ di man­­a pen­­gik­lan­­ h­an­­ya ak­an­­ memb­ayar­ apab­ila seseor­an­­g men­­gk­lik­ pada ik­lan­­ mer­ek­a dan­­ dib­awa k­e halaman­­ web­ pen­­gik­lan­­ t­er­seb­ut­. Yang dibicarakan disini adalah khusus Google AdWords.
Di awal penjelasannya, Pak Herman menjelaskan tentang naiknya pengguna internet, lengkap dengan data statistiknya. Untuk pengguna internet,  tahun 2009 Indonesia berada di peringkat 5 untuk tingkat Asia dan peringkat 1 di Asia Tenggara. Berikut ini saya sertakan screenshot statistic pemakaian internet dan populuasi.


Selanjutnya dia menjelaskan strategi SEO dan teknik SEO menggunakan Google Adwords atau Pay-Per-Click. Alhamdulillah.. pada kesempatan tersebut, salah satu web perusahaan yang menggunakan Google AdWords untuk berpromosi, dijadikan contoh case study dan di-review. Di pembahasan ini, dijelaskan secara detil bagaimana cara mengoptimalkan Google AdWords. Pak Herman juga memberi beberapa advise pada saya untuk melakukan perbaikan. Terima kasih, Pak Herman…

Setelah rehat untuk makan siang selama 1 jam, tepat jam 13:00 sesi kedua dimulai. Pada sesi kedua ini, pembahasan tentang SEO. Pembicaranya adalah Riyeke Ustadiyanto. Dia adalah SEO Strategies Indonesia, Creator & Pelopor UKM Goes Online, dan pimpinan beberapa perusahaan online. Kalau pada sesi pertama dibahas bagaimana cara meningkatakan traffic pengunjung menggunakan keyword dengan iklan berbayar, di sesi kedua ini Mas Keke (begitu dia minta dipanggil), membahas cara menaikkan traffic pengunjung menggunakan organic keyword dan gratis. Teknik dan strategi SEO yang dibahas, beberapa diantaranya adalah penggunaan CMS (Content Management System) WordPress disarankan, agar web lebih SEO friendly selain content tentunya. Untuk menaikkan traffic, popularity dan rank, disarankan pula untuk menggunakan Social Media Network seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan lain-lain yang di-integrasikan ke web kita. Mas Keke juga me-review web yang saya kelola dan memberi saran-saran untuk meng-optimize-nya. Huge thanks, mas…

Seminar ditutup sekitar jam 15:30. Dengan senyum puas, saya tinggalkan ruang seminar. Buat saya, selalu menyenangkan untuk ketemu orang-orang baru dan mendapat ilmu baru….

Related posts:

  1. Info Traffic Rank baru di Alexa
  2. Google Search menggunakan OnlyJust.net
  3. Alexa Rank Top 20
  4. Google Page Rank Update
  5. Menghindari Facebook profile di-index Search Engine
  6. Unblock Facebook v.2
  7. Tips & tricks Google Search
  8. Unblock Facebook
  9. Bandwidth Limit Exceeded
  10. Ke Celukanbawang – Singaraja

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*
CommentLuv Enabled