Pijat bisa memperluas radang

Kadang saat bangun tidur, otot leher terasa kaku. Otot leher kaku karena salah tidur, dalam bahasa medis disebut tortikolis. Biasanya yang kita lakukan unuk meredakannya adalah memijat daerah leher. Padahal tindakan tersebut malah memperluas peradangan.
Menurut spesialis orthopedi dari RSU dr Soetomo Surabaya, dr Komang Agung SpOT, saat tidur dalam posisi salah, otot mengalami kontraksi atau pemendekan dalam waktu lama dan terus-menerus.Otot pun mengalami spasme. Spasme mungkin terjadi bila tidur tanpa berubah posisi kurang lebih selama 2 jam. Orang normal yang tidur miring, secara otomatis akan mengubah posisi setiap sekitar 2 jam.
Tetapi, jika orang itu kecapaian, dia bisa-bisa baru bergerak setiap 4 jam, kata dr Indra Tjahjono spesialis rehabilitasi  medik RS Spesialis Husada Utama Surabaya. Kompensasi lainnya, saat bangun tidur, orang akan menggeliat untuk meregangkan otot-otot.

Saat bangun tidur dan merasakan sakit di leher, segera kompres menggunakan air dingin di tempat nyeri selama kurang lebih 10 menit dengan suhu air 15-25°C. Pada orang berusia lanjut, saat mengompres sebaiknya leher dilapisi kain. Pengompresan akan mengurangi peradangan. Jadi jangan dipijat. Sebab, pijatan akan semakin memperluas peradangan.

Berikut adalah gerakan pertolongan pertama pada leher kaku:

  • Kepala ditundukkan hingga dagu menyentuh dada
  • Putar kepala ke arah yang berlawanan dengan rasa sakit. Kalau yang sakit otot leher kanan, setelah dagu menyentuh dada, kepala ditarik ke arah kiri. Kalau sisi kiri yang sakit, kepala ditarik ke kanan.
    Saat kepala ditarik, tahan kurang lebih selama 10 detik hingga 3 kali tarikan.

Setelah itu, penguatan otot leher. Sebaiknya dilakukan di depan kaca agar dalam melakukannya  posisi tidak miring. Caranya :

  • Dua tangan ditempelkan ke dahi, lalu dorong dahi ke belakang. Pada saat bersamaan, dahi memberikan tahanan ke depan.
  • Kedua tangan memegang kepala bagian belakang, lalu dorong ke depan. Sebaliknya, kepala memberikan tahanan ke belakang.

Dengan gerakan tersebut, otot leher akan terasa menegang sesaat. Gerakan lainnya, tanagan kanan memegang tulang pelipis sambil ditekan. Bersamaan dengan itu, daerah wajah memberikan tahanan ke depan.
Selamat mencoba…. dan tidak kaku otot leher lagi…

Sumber : Jawa Pos

Related posts:

  1. Seks; Menyehatkan atau Mengganggu Kesehatan?
  2. Get drunk on NYE…?
  3. Gerbong Maut Bondowoso
  4. Selamat Jalan Gus Dur…
  5. Kecelakaan Pesawat TNI
  6. Mengurangi mata lelah saat kerja di depan monitor komputer
  7. Arah kiblat bergeser ?
  8. Heboh Lambang Garuda di kaos Armani
  9. Sejarah EARTH HOUR dari tahun ke tahun
  10. Earth Hour 2010

Category: Infoku
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
2 Responses
  1. Nandha says:

    Iya mas, emang bener..!! Klo lagi leher kaku karena salah tidur emang gak boleh di pijit. Sama juga klo lagi kram otot or kejang di betis hanya boleh stratching aja…

  2. jun says:

    makasih masukannya, bu.. ga salah ya jadi spa manager. paham banget tentang terapi

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*
CommentLuv Enabled