Penyebab bau mulut dan pencegahannya

Mungkin anda pernah merasa tidak nyaman dengan bau mulut yang ditimbulkan oleh lawan bicara anda. Mau nutup hidung, kok kesannya tidak sopan. Tidak tutup hidung, kok bikin kepala pusing. Akhirnya anda dengan terpaksa “menikmatinya” hehehehe… Bau mulut bisa terjadi pada siapa saja. Termasuk juga pada anda.

Banyak orang punya masalah dengan bau mulut, tetapi mungkin mereka tidak tahu apa penyebabnya atau bagaimana untuk menghilangkannya. Secara umum, terdapat beberapa alasan mengapa seseorang mungkin memiliki bau mulut:

  • Makan makanan yang beraroma kuat
    Makanan beraroma kuat seperti bawang merah, bawang putih, ikan, pete, jengkol dan lain-lain dapat meninggalkan bau yang kuat pada pernapasan anda. Tetapi bau nafas jenis ini hanya bersifat sementara kecuali ada masalah lain.
  • Tidak menjaga kesehatan mulut
    Sikatlah gigi anda dengan benar dan teratur. Gunakan dental-floss (benang pembersih gigi) untuk membersihkan sela-sela gigi. Jika perlu, gunakan obat kumur yang banyak diiklankan di TV dan tersedia di supermarket.
  • Kondisi kesehatan gigi
    Kondisi gigi seperti penyakit gusi, kanker mulut, rongga mulut, dan bakteri pada permukaan lidah biasanya menimbulkan bau mulut. Sayangnya, kondisi ini tidak dapat diperbaiki tanpa bantuan dokter gigi.
  • Bersihkan lidah anda
    Lidah juga memberi kontribusi pada bau mulut. Bersihkan lidah anda menggunakan pembersih lidah. Kalau tidak ada, anda bisa menggunakan sendok. Setelah itu, berkumur dan bersihkan mulut anda.

Semoga bermanfaat…

Related posts:

  1. Cara menghindari blog hacking
  2. Selamat Jalan Gus Dur…
  3. Facebook Haram?
  4. Seks; Menyehatkan atau Mengganggu Kesehatan?
  5. Mengurangi mata lelah saat kerja di depan monitor komputer
  6. Convert JPEG to PDF Online
  7. Pulang
  8. Arah kiblat bergeser ?
  9. Luna Maya vs wartawan infotainmen
  10. Eco Bag

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
2 Responses
  1. noped says:

    Mulude di gosok ama daun Luntas pasti gak bau mas

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*
CommentLuv Enabled