Pembobolan ATM BCA dan card skimming

Beberapa hari terakhir ini Indonesia sedang dihebohkan oleh berita pembobolan ATM BCA. Beberapa nasabah BCA, sebagian besar adalah Nasabah BCA di Kuta – Bali, kehilangan uangnya di bank tersebut secara tiba-tiba. Padahal nasabah tidak pernah melakukan transaksi penarikan. Uang yang hilang milik nasabah, besarnya bervariasi. Dari jutaan, belasan juta hingga puluhan juta. Kejadian naas ini tidak hanya menimpa warga lokal saja tetapi juga turis asing. Belakangan, kasus ini juga menimpa nasabah BNI dan Bank Permata. Masyarakat yang tertimpa musibah sudah melaporkan ke bank bersangkutan dan kepolisian.

Ditengarai, para pencuri melakukan pencurian menggunakan cara card skimming. Apakah card skimming ? Card Skimming adalah tindakan meng-copy informasi pemegang kartu ATM atau kartu kredit secara ilegal. Para pencuri canggih ini mengambil data atau informasi rekening anda dengan lengkap, melalui strip magnetik yang ada di bagian belakang kartu ATM atau kartu kredit anda. Begitu mereka mendapatkan data tersebut, mereka akan membuat copy atau kloning kartu anda. Selanjutnya, dengan leluasa mereka akan menguras uang anda. Kabarnya, untuk membuat kloning kartu anda, hanya dibutuhkan waktu 1 menit !

Bagaimana mereka melakukan card skimming ?

  • Maling-maling ini meletakkan skimmer (alat untuk mencuri data) di slot kartu mesin ATM sehingga tampak seperti slot kartu ATM itu sendiri. Saat anda memasukkan kartu, skimmer akan me-record data di kartu anda. Seperti yang sudah dibahas di atas, selanjutnya mereka akan membuat kartu palsu menggunakan kartu putih polos dengan strip magnetik seperti kartu ATM atau kartu kredit, dan meng-copy-kan data anda di kartu palsu tersebut. Dalam tempo 1 menit, mereka sudah punya kloning kartu anda.
  • Untuk mendapatkan PIN (Personal Identificatin Number) kartu, mereka ditengarai menggunakan pen-cam (pen-camera alias kamera pena). Sekedar informasi, saya pernah melihat salah satu jenis pen-cam ini yang bisa merekam hingga 2 jam. Mereka menempatkan pen-cam ditempat yang tersembunyi untuk merekam jari anda ketika mengetikkan PIN.

Bagaimana cara menghindari card skimming ?

  • Pastikan mesin ATM yang akan anda gunakan sudah dilengkapi oleh anti skimming.
    Sebagian besar mesin ATM sudah dilengkapi oleh alat ini. Alat Anti skimming diletakkan di slot kartu ATM. Biasanya berwarna hijau, berbentuk seperti “cocor bebek”  dan ada relief gembok. Untuk jelasnya, silakan lihat gambar di bawah.
    Jika mesin ATM masih belum dilengkapi oleh anti skimming, pastikan bahwa mesin ATM yang akan anda gunakan aman. Jika anda mencurigainya, batalkan niat anda untuk menggunakannya.
  • Tutup dengan tangan anda, saat mengetikkan PIN walaupun anda sedang sendiri.
    Siapa tahu pen-cam sedang memantau jari anda. Tapi saat ini kebanyakan mesin ATM sudah dilengkapi dengan “penutup” pada bagian tombol.
  • Lakukan pengecekan secara berkala saldo tabungan anda. Print out buku tabungan atau cek melalui layanan internet banking.
  • Tingkatkan kewaspadaan anda saat melakukan transaksi di ATM. Laporkan ke bank penyedia ATM apabila anda melihat sesuatu yang tidak beres di sana.

Oya, card skimming tidak hanya bisa dilakukan di mesin ATM. Hati-hati dalam menggunakan kartu ATM atau kartu kredit anda. Kabarnya, sedang direncakan untuk mengganti penggunaan strip magnetik ke chip. Tapi masih jadi bahan pertimbangan karena ada sebagian mesin ATM tidak bisa menggunakan kartu chip.

Related posts:

  1. Kalkulator seukuran Kartu Kredit
  2. Google Search menggunakan OnlyJust.net
  3. Tips & tricks Google Search
  4. Apa itu “Phishing” ?
  5. Koneksi TelkomselFlash sudah normal
  6. Domain name check
  7. Sejarah Alexa.com
  8. Check Windows Installation Date
  9. Unblock Facebook v.2
  10. Eco Bag

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*
CommentLuv Enabled