Menjadi Pintar dengan Membaca Pintar

Orang yang pintar hampir bisa dipastikan suka membaca. Anda akan menemukan berbagai macam informasi yang belum pernah anda dapatkan sebelumnya. Namun, terkadang anda sulit memahami isi sebuah buku. Oleh sebab itu, sebaiknya anda belajar cara membaca yang pintar.

  • Pertama, bacalah terlebih dahulu bagian-bagian penting buku yang akan anda baca. Mulailah dengan membaca resensi buku, biografi penulis, kata pengantar, dan daftar isi. Keempat hal tersebut dapat memberikan anda gambaran mengenai kualitas buku yang akan anda baca.
  • Kedua, ubahlah segala macam kebiasaan buruk anda dalam membaca. Hindari kebiasaan-kebiasaan seperti, membaca sambil menggerakkan bibir, menunjuk tulisan, dan membaca dengan suara keras. Semua hal tersebut dapat memboroskan waktu anda dalam membaca.
  • Ketiga, mulailah berlatih membaca dengan cepat. melalui membaca cepat, anda dapat menghemat waktu membaca. Selain itu, kecepatan membaca anda pun akan terus meningkat. Salah satu caranya adalah dengan mengabaikan kata-kata bantu seperti, di, ke, dari, dan, atau, serta yang. Tujuannya adalah  agar teks yang anda baca semakin ringkas dan mempersingkat waktu membaca.
  • Keempat, bacalah buku per paragraf secara teratur. Jangan melompat ke paragraf selanjutnya sebelum anda menyelesaikan paragraf yang awal. Setelah selesai membaca beberapa halamandari buku tersebut, tanyakanlah kepada diri anda beberapa pertanyaan dari bacaan tersebut. Jika anda belum dapat memahaminya, bacalah buku tersebut sekali lagi.
  • Kelima, temukan ide pokok pada buku yang anda baca. Setelah itu, bacalah lebih kritis, jika perlu siapkan catatan kecil untuk bagian bacaan yang perlu anda ingat. Melalui cara membaca seperti ini, pemahaman anda akan buku tersebut akan lebih mendalam lagi.
  • Keenam, cobalah konsentrasi dalam membaca bacaan yang cukup berat. Fokuskan pikiran pada setiap kata-kata yang sulit. Jika perlu, carilah arti dari kata-kata sulit tersebut dalam kamus.
  • Ketujuh, gunakan setiap waktu luang anda untuk membaca. Usakan anda selalu membawa buku bacaan yang seukuran dengan saku atau surat kabar. Tujuannya agar anda dapat membaca buku tersebut kapan saja dan di mana saja. Hasilnya, anda akn bertambah pintar dan waktu pun tak terbuang sia-sia.

sumber : kompas

Related posts:

  1. Parfum Calvin Klein dengan kemasan unik
  2. Tips & tricks Google Search
  3. Mengurangi mata lelah saat kerja di depan monitor komputer
  4. Pembobolan ATM BCA dan card skimming
  5. Seks; Menyehatkan atau Mengganggu Kesehatan?
  6. Pijat bisa memperluas radang
  7. Sejarah Alexa.com
  8. Cara download video YouTube tanpa software
  9. Shutdown komputer melalui Local Area Network (LAN)
  10. Earth Hour 2010

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*
CommentLuv Enabled