Facebook Haram?

69tx0t1Saat ini Facebook sebagai situs jejaring sosial, adalah fenomena tersendiri di dunia maya. Sejak awal peluncurannya, Facebook mampu mencuri perhatian para pengguna internet. Dalam beberapa bulan saja, jutaan orang menjadi anggota di situs jejaring sosial ini. Menjadikan Mark Zuckerberg, si empunya Facebook sebagai milyuner di usia 24 tahun. Sungguh luar biasa….
Facebook juga mampu menggusur popularitas “saudara tua”-nya, Friendster. Peringkatnya di Alexa Rank, saat saya buat artikel ini, Facebook berada di peringkat 4 (naik 1 peringkat), setelah Google, Yahoo dan YouTube. Sedangkan Friendster berada di peringkat 70. Hampir semua orang yang menggunakan internet di kesehariannya, tua, muda bahkan anak-anak menjadi anggota di Facebook. Baik sebagai anggota aktif maupun pasif.

Facebook Haram.. begitu kira-kira yang saya tangkap dari berita di JawaPos hari ini. Haram, apabila Facebook digunakan untuk PDKT (pendekatan) dengan lawan jenis, bergosip, menyebarkan kebohongan, dan jika para pemakainya berbicara tentang masalah intim secara terbuka atau mendukung perilaku vulgar.
Masih saya kutip dari Jawa Pos hari ini, fatwa tersebut adalah hasil Bahtsul Masail XI Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri Se-Jawa Timur di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi-Aat Lirboyo, Kediri, 20-21 Mei lalu. Hal itu dilakukan setelah para kiai menerima pengaduan soal Facebook dan situs-situs lain di internet. Termasuk kekhawatiran soal seks terlarang atau pornografi.

Sekarang, bagaimana saya menyikapinya?? Saya amat sangat menghormati fatwa tersebut. Karena itu adalah salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab moral dari para ulama.  Lagipula saya bergabung di Facebook adalah untuk menyambung tali silaturrahmi hanya dengan teman-teman saya semasa sekolah dulu dan teman-teman di kota asal saya. Semua kembali kepada kepribadian dan niat masing-masing.
Ibarat pisau, jika berada di tangan tukang masak, akan menghasilkan makanan dan bermanfaat bagi orang lain. Tapi jika berada di tangan penjahat, akan menjadikan bencana bagi orang lain…

Bagaimana..?? Anda mempunyai pendapat lain?? Silakan tinggalkan komentar anda ya….

image source : sendables.jibjab.com

Related posts:

  1. Facebook Username, sudahkah anda menggantinya?
  2. Unblock Facebook
  3. Pentingkah Alexa Rank ??
  4. Facebook
  5. Cara blok Facebook di komputer anda
  6. Membuat kelompok teman di Facebook
  7. Facebook phone book
  8. Mengetahui tanggal Ulang Tahun teman di Facebook
  9. Membuat grup di Facebook
  10. Delete Facebook account

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*
CommentLuv Enabled