Cara menghindari blog hacking

Bulan lalu saya pernah menceritakan bahwa masjun.net pernah di hack. Alhamdulillah, si hacker tidak melakukan tindakan merusak. Sepanjang yang saya ketahui (mudah-mudahan benar), dia hanya me-rename dua link teman saya. Setelah memperbaikinya, yang saya lakukan pertama kali saat itu adalah mengganti semua password yang berhubungan dengan masjun.net.

Kali ini saya ingin berbagi tentang apa saja yang saya lakukan untuk menghindari blog hacking. Oya, apa yang saya lakukan ini berdasarkan pengalaman saya sendiri, mungkin bermanfaat buat anda. Seandainya masih ada yang kurang menurut teman-teman, tolong dikoreksi ya…. Ini dia yang saya lakukan :    

  • Instal secure wordpress plugin.
    Sebetulnya sebelum masjun.net di-hack, saya sudah instal plugin ini. Plugin ini bisa menyembunyikan versi WordPress yang sedang anda gunakan. Anda bisa cek versi WordPress anda dengan cara : (di browser Firefox) buka blog anda, klik kanan dimana saja pada browser yang anda gunakan, pilih view page source. Menurut berita yang saya baca, dengan mengetahui versi WordPress, hacker bisa menjalankan script tertentu untuk mencoba masuk ke blog. Selain itu, plugin ini juga akan menambahkan file index.html pada folder plugin dan themes di blog. Hal ini untuk menghindari list directory yang ada.
  • Ganti Password
    Saya mengganti password CPanel, wp-admin dan lain-lain. Usahakan membuat password yang “kuat”, misalnya dengan kombinasi huruf, angka dan karakter khusus.
  • Review & Re-check plugin
    Saya me-review dan cek ulang plugin yang saya gunakan. Waspada dan hati-hati tidak apa-apa kan.. Tapi bisa saya pastikan, plugin saya tidak ada yang bermasalah.
  • Check security blog
    Saya berusaha memastikan keamanan blog saya. Saya menggunakan WP Security Scan plugin. Atau kalau anda ingin mencoba yang lain, anda bisa tes online ke http://blogsecurity.net/wpscan.

Teman-teman ada yang berkenan berbagi disini ? Dengan senang hati saya akan menerimanya. Silakan…..

Related posts:

  1. Cara mengetahui DoFollow Blog
  2. Do Follow Blog
  3. Cara cepat ketik URL di address bar browser
  4. Menghindari Facebook profile di-index Search Engine
  5. Insert symbol di blog
  6. Internal Server Error lagi…
  7. Ganti Password wp-admin
  8. NoFollow Blog
  9. Cara blok Facebook di komputer anda
  10. Google Page Rank Update

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
2 Responses
  1. ka masa blog saya dihack,, padahal saya juga baru bisa…
    belum lama sichh dihack.a,, baru kemarin.. trus klo bikinnya seminggu sebelumnya..

    Minta saran yach kk??

  2. kunjungan balik ya bro
    cara-blog.co.cc´s last blog..Tukar Link Yuk-My ComLuv Profile

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*
CommentLuv Enabled