Bondowoso

Jika mendengar nama Bondowoso, yang terbayang, pasti tape manis dan legit.. seperti orang-orangnya yang manis-manis dan legit-legit.. hihihi..
Agak sulit memang untuk mendapatkan info tentang Bondowoso. Di internet sekalipun. Search di Google, ada yang mengaku sebagai situs resmi Kabupaten Bondowoso, tapi (sampai saat artikel ini di-upload) info nya minim banget. Tidak seperti situs resmi kabupaten-kabupaten sekitarnya.
Ada omongan teman yang membuat saya geli, dia bilang, dia dengar nama Bondowoso aja setelah kenal ama saya.. halah..!

Info ini memang minimalis banget. Tapi paling tidak, anda punya gambaran..
Bondowoso adalah sebuah kota di Jawa Timur. Berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di Utara, Kabupaten Banyuwangi di Timur dan Kabupaten Jember di Selatan. Bondowoso berada di persimpangan jalur dari Besuki dan Situbondo menuju Jember. Tidak seperti kabupaten tetangganya yaitu Jember dan Situbondo, Bondowoso bukanlah jalur utama lalu lintas menuju Surabaya. Karena letaknya ditengah-tengah kedua kota tersebut. Oleh karena itu, kota ini relatif sepi.
Bondowoso dapat dibagi menjadi tiga wilayah: Wilayah barat merupakan pegunungan (bagian dari Pegunungan Iyang), bagian tengah berupa dataran tinggi dan bergelombang, sedang bagian timur berupa pegunungan (bagian dari Dataran Tinggi Ijen). Bondowoso merupakan satu-satunya kabupaten di daerah “Tapal Kuda” yang tidak memiliki garis pantai.
“Tapal Kuda”
adalah kawasan bagian timur Propinsi Jawa Timur. Dinamakan Tapal Kuda, karena bentuk kawasan tersebut dalam peta mirip dengan bentuk tapal kuda. Kawasan Tapal Kuda meliputi Pasuruan (bagian timur), Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Ciri khas kawasan ini adalah dihuni oleh Suku Madura dan Suku Jawa. Suku Madura bahkan mayoritas di beberapa tempat, khususnya di bagian utara; sebagian besar tidak dapat berbahasa Jawa, meski tinggal di lingkungan Jawa

sumber : wapedia

Update
Waktu saya kunjungi tanggal 22 Juni 2009, Situs Kabupaten Bondowoso sudah ter-update dan lebih komplit. Selamat untuk para pengelolanya. Salut ! Semoga terus semangat!

Related posts:

  1. Bondowoso Berseri lagi..
  2. Sejarah Kota Bondowoso
  3. Pulang
  4. Gerbong Maut Bondowoso
  5. Arti Lambang Bondowoso
  6. Facebook Haram?
  7. Pentingkah Alexa Rank ??
  8. Earth Hour 2010
  9. Tips & tricks Google Search
  10. Info Traffic Rank baru di Alexa

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
11 Responses
  1. Hadi Muljono says:

    Sebetulnya banyak potensi dari Kota Bondowoso yang bisa diperkenalkan…..salah satunya di link ini……

  2. masarif says:

    Salam kenal kang Jun. Saking Banyuwangi meniko

  3. r. wahyudi sukiran says:

    thank masjun,
    spt anda, saya lahir dan sampai smu di bondowoso. blog anda mrupakan salah satu yang dpt kota kita jadi lebih terkenal. sebagai orang IT, gak ada salahnya kalau anda datang ke pemkab bond, dan bisa membantu bikin website yang lebih baik. yang sekarang memang terlalu sederhana banget. bicara potensi, buanyaak sebenarnya. salah satu adalah pariwisata daerah kawah ijen. kalau ini dikembangkan akan jadi tujuan wisata yang menarik dan dibuka jalan ke banyuwangi melalui kawasan ijen. sekaligus ini akan mengurangi “isolasi” daerah bond. karena mereka yang mau ke bali lewat darat, dapat melalui jalur ini bukan jalur tradisionil, via st bondo atau bondowoso.
    NYARRA TAN-TRETAN, let’s we fight for bondowoso.

  4. Dhanang Arfian Pratama says:

    Mas sekarang dah ada situs resminya lho. Silahkan Cek di http://bondowosokab.go.id. Salam kenal mas. Saya orang bondowoso juga… Nice info..

  5. Dhanang Arfian Pratama says:

    lupa mas, saya juga alumni SMA Negeri 2 Bondowoso. sekarang masih kuliah. hee.. hanya sekedar info mas.

  6. Makasih dah berkunjung ke website saya mas. Oya mas saya alumni tahun 2007. masih baru 2 tahunan mas.

  7. MOHAMMAD SUFANDI says:

    hai aku juga orang bondowoso tpi sekarang aku lagi ada di jakarta dan aku alumni dari SMU 1 Tenggarang yang dulunya SMA N. 3 jadi klu ada perkumpulan orang bondowoso tlg dicolek

  8. anjrot says:

    great post…visited me back thanksss

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*
CommentLuv Enabled