Ayo dukung “EARTH HOUR 2009″ !

earth-hourApa itu EARTH HOUR?

Earth Hour adalah kampanye perubahan iklim global WWF. Individu, perusahaan/pelaku bisnis, pemerintah dari berbagai negara di semua belahan dunia akan mematikan lampu selama 1 (satu) jam sebagai pernyataan dukungan upaya penanggulangan perubahan iklim dunia, pada hari Sabtu 28 Maret 2009 pukul 20.30 – 21.30 (waktu setempat).

Earth Hour dimulai di Sydney pada 2007, ketika 2,2 juta rumah dan pelaku bisnis mematikan lampu selama satu jam. Pada 2008, pesannya telah berkembang menjadi gerakan global yang berkesinambungan, dengan 50 juta orang mematikan lampu mereka, begitupula dengan bangunan-bangunan terkenal di dunia seperti Jembatan Golden Gate di San Francisco, Colosseum di Roma, Opera House di Sydney dan billboard Coca Cola di Times Square.
Pada 2009, Earth Hour telah melangkah lebih jauh, yaitu dengan target menjangkau 1 miliar orang memadamkan lampu mereka sebagai bagian dari aksi bersama dunia. Tahun ini, Earth Hour telah berubah menjadi sebuah pemilihan global pertama, untuk memilih bumi atau pemanasan global.

Tahun ini, untuk pertama kalinya Earth Hour dilakukan di Indonesia, di mana  Jakarta dipilih menjadi kota pertama tempat penyelenggaraannya. Pada Sabtu, 28 Maret 2009, tepat pukul 20.30, masyarakat Jakarta akan menyaksikan dan menjadi bagian dari aksi global dalam memadamkan lampu selama 1 jam.
Bentuk partisipasi yang ditunjukkan Jakarta adalah komitmen memadamkan lampu di 5 (lima) ikon Jakarta pada waktu tersebut, yaitu:

  • Bundaran Hotel Indonesia dan air mancurnya
  • Monas dan air mancurnya
  • Gedung Balai Kota
  • Patung Pemuda
  • Air mancur Arjuna Wiwaha

Kenapa memilih Jakarta ?

  • Konsumsi listrik di Indonesia masih terkonsentrasi di Jawa, yakni pada 2007 mencapai sekitar 77% dari konsumsi nasional, dan sekitar 20% pengguna listrik di Indonesia berada di Jakarta, sedangkan untuk pasokan listrik di daerah lain di Indonesia masih berbagi dalam jumlah yang lebih kecil.
  • Total konsumsi listrik wilayah DKI Jakarta dan Tangerang adalah 23% dari total konsumsi listrik di seluruh Indonesia, dengan komposisi terbesar sebagai berikut:
    • 34% berasal dari sektor rumah tangga (sebagian besar di DKI Jakarta)
    • 30% berasal dari sektor industri (sebagian besar di Tangerang)
    • 29% dari sektor bisnis (sebagian besar di DKI Jakarta)

Seberapa penting EARTH HOUR untuk Jakarta?

Memadamkan lampu di DKI Jakarta 1 jam, sama dengan:

  • 300MW (cukup untuk mengistirahatkan 1 pembangkit listrik dan menyalakan 900 desa)
  • Mengurangi beban biaya listrik Jakarta sekitar Rp 200 juta
  • Mengurangi emisi sekitar 284 ton CO2
  • Menyelamatkan lebih dari 284 pohon
  • Menghasilkan O2 untuk lebih dari 568 orang

Anda tertarik mendukung EARTH HOUR?  Sebarkan berita ini. Siapapun anda, bisa mendukung aksi ini. Jadilah bagian dalam mengubah dunia. Mulailah dari diri sendiri. Ajak tetangga, teman, sahabat dan kerabat… Semakin banyak orang yang mengikuti aksi anda, semakin besar aksi dunia yang kita lakukan dalam menyuarakan perubahan iklim. Walau hanya 1 jam!
Anda bisa download file untuk kampanye EARTH HOUR di sini.


sumber:
www.earthhour.wwf.or.id
www.wwf.or.id


referensi:
www.voteearth2009.org

www.earthhour.org

Related posts:

  1. Earth Hour 2010
  2. I committed to EARTH HOUR !
  3. Sejarah EARTH HOUR dari tahun ke tahun
  4. I Voted Earth!
  5. Susunan Kabinet Indonesia Bersatu II 2009 – 2014
  6. Mbah Surip meninggal dunia
  7. Noordin M. Top tewas
  8. Gus Dur Wafat
  9. Selamat Jalan Gus Dur…
  10. HAPPY NEW YEAR 2009

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
4 Responses
  1. purba says:

    Siipp… ayo kita dukung. Salam kenal bang.

  2. livia says:

    Hemat listrik yukkk….

    • jun says:

      @ Livia
      yuuuuukkkk mari….
      hari ini saya juga menerima beberapa sms dari teman2 berisi ajakan untuk mendukung aksi ini.
      salam kenal..

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*
CommentLuv Enabled