Akhirnya jadi pindahan…

Hari ini jadi juga akhirnya masjun.net pindahan. Sebetulnya keinginan ini ada sejak 1 bulan terakhir. “Ruang” yang dihuni sebelumnya terlalu sempit, baik space maupun bandwidth-nya. Kemarin blog ini juga sempat tidak bisa di akses karena kuota bandwidth-nya habis (silakan baca Bandwidth Limit Exceeded).  Kebetulan di bulan terakhir tahun 2009 ini, domain dan hosting harus di registrasi ulang. Sempat melihat-lihat, mencari dan mempertimbangkan beberapa layanan hosting yang ada yang sesuai dengan budget yang disiapkan, akhirnya saya memilih Ardhosting. Kebetulan sedang ada Paket Promo Space 8X. Jadi space 50 MB x 8 menjadi 400 MB, dan bandwidth 5 GB menjadi 20 GB. Wow…!

Selain penawaran paket yang menarik, support-nya sangat bagus. Proses migrasi berlangsung dengan cepat dan mulus. Walaupun sempat mengalami kendala saat saya mengakses login page WordPress, masalah terselesaikan malam harinya sekitar jam 23:00 WITA. Sampai malam pun, team support masih melayani klien… Kalau anda tertarik, ingin melihat paket yang ditawarkan dan berminat membeli salah satu paket Ardhosting, silakan klik image di bawah ini.

Ardhosting | faster, reliable webhosting

Sekedar berbagi pengalaman, beberapa hal di bawah ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih layanan Web Hosting :

  1. Pilih perusahaan / penyedia layanan hosting yang berbadan hukum
    Pastikan penyedia layanan hosting yang anda minati memiliki nama, alamat, nomer telepon dan pemilik yang jelas. Kejelasan layanan hosting ini merupakan hal yang terpenting. Apabila informasi yang ada tidak jelas,  kemungkinan besar,  parameter pelayanan  yang ditawarkan juga tidak akan baik.
    Sekedar contoh, Ada salah satu teman yang membeli layanan hosting dari temannya (bukan badan usaha). Suatu saat, temannya ini “menghilang”. Teman saya ini sempat khawatir akan nasib website-nya, yang sudah menghasilkan uang. Sukur, setelah mencari kesana-kemari akhirnya si empunya layanan hosting ditemukan dan website-nya terselamatkan…
  2. Layanan / support
    Pilihlah penyedia layanan web hosting yang memberikan support 24 jam. Jika sewaktu-waktu website anda mengalami masalah, anda bisa langsung berkonsultasi dengan mereka.
    Ada salah seorang teman saya yang menggunakan layanan hosting temannya (perorangan), dia harus menunggu 4 hari hanya untuk mendapat email jawaban dari pertanyaannya !
  3. Harga
    Hati-hati dalam memilih paket murah yang ditawarkan. Bukan bermaksud tendensius, bisa jadi harga paket yang ditawarkan murah karena mereka memangkas biaya operasional. Misalkan penggunaan server berspesifikasi rendah dan lain sebagainya.
  4. Status kepemilikan Domain
    Pastikan kepemilikan Domain di tangan anda. Mintalah Domain Manager untuk mengelola domain anda. Penyedia layanan web hosting seharusnya menyediakan layanan ini.
  5. Memilih lokasi Server
    Jika anda membidik pengunjung website anda dari Indonesia, pilihlah Server IIX. Blog saya ini menggunakan Server USA, walaupun mayoritas pengunjungnya adalah dari Indonesia. Selain itu, anda juga bisamemilih Server Singapore. Sebagian besar layanan web hosting menyediakan pilihan3 lokasi  server seperti di atas. Selain itu, ada juga pilihan Operating System yang digunakan Server, yaitu Windows atau Linux.

*Terima kasih untuk server yang lama, yang sudah menampung masjun.net selama 1 tahun terakhir.


Related posts:

  1. Bandwidth Limit Exceeded
  2. Internal Server Error di masjun.net
  3. Domain name check
  4. Internal Server Error lagi…
  5. Ganti Password wp-admin
  6. generic Top Level Domain (gTLD)
  7. Mempercepat Browsing Internet
  8. masjun.net was hacked
  9. Google Search menggunakan OnlyJust.net
  10. Cara mengetahui DoFollow Blog

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*
CommentLuv Enabled